LIHAT RAHASIA : Contoh Makalah Singkat tentang Manusia dan Keindahan (alam, konsep, saran, penderitaan, pdf, ppt)
Kumpulan contoh struktur makalah penelitian untuk mahasiswa-sma-smp lengkap
- makalah manusia dan keindahan pdf
- contoh manusia dan keindahan
- manusia dan keindahan ppt
- makalah seni dan keindahan sebagai kebutuhan manusia
- makalah konsep keindahan
- saran manusia dan keindahan
- makalah keindahan alam
- makalah manusia dan penderitaan
-contoh makalah penelitian
-contoh makalah singkat
-contoh makalah mahasiswa lengkap
-contoh makalah pdf
-contoh makalah bahasa indonesia
-kumpulan contoh makalah yang baik dan benar
-contoh makalah pkn
-contoh makalah penelitian ilmiah
-contoh makalah singkat pdf
-makalah singkat tentang kesehatan
-contoh makalah singkat sma
-makalah singkat tentang internet
-contoh makalah sederhana
-contoh makalah singkat tentang lingkungan hidup
-contoh makalah singkat tentang kesehatan
-contoh makalah singkat tentang narkoba
Contoh Makalah tentang Manusia dan Keindahan
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Keindahan berasal dari kata indah. Keindahan
yang berarti sesuatu yang baik, menyenangkan, ilmu yang indah, kebajikan yang
indah atau sebagai bentuk yang indah. Keindahan sangat berhubungan erat dengan
manusia, seni, keserasian, kehlusan. Kata orang tanpa ada keindahan adalah
manusia yang mati sebelum waktunya. Bisa jadi, karena keindahan adalah
pelengkap hidup manusia.
Maka bila manusia yang hidup tanpa keindahan
pada hakikatnya dia sudah mati. Keindahan bisa membuat kita gembira, bersyukur,
dan lain-lain. Orang yang hidup tanpa keindahan pada realita maka dia akan
cenderung kurang bersemangat. Oleh karena itu, dalam makalah ini kita dapat
mengetahui lebih dalam manusia dan keindahan.
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah agar penulisan
khususnya dan pembaca umumnya dapat mengetahui tentang sejarah peradaban serta
manusia dan keindahan.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup penulisan makalah ini mengenai:
a. Manusia
dan keindahan
b. Keindahan
dalam Islam
c. Apa sebab
manusia mencintai keindahan
d. Nilai
ekstetik
BAB II
PEMBAHASAN
MANUSIA DAN KEINDAHAN
A. Makna Keindahan
Pengertian menurut keindahan Liang Gie dalam
bukunya Garis besar estetik (filsafat keindaha) dalam bahasa inggris yaitu
beautiful.
Menurut cakupan orang-orang membedakana antara
keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benuk tertentu yang
indah.
Keindahan dibedakan dari bebrapa pengertian,
adalah sebagai berikut.
Keindahan dalam arti luas
Keindahan dalam estetis murni
Keindahan dalam terbatas dalam
hubungannya dengan penglihatan
1. Keindahan
dalam arti luas mengandung pengertian ide-ide kebaikan misalnya menurut Plato,
keindahan adalah watak yang indah dan hukum yang indah
Menurut Aristoteles keindahan adalah sebagai
sesuatu yang baik juga menyenanngkan.
Menurut Plotinus mengatakan, keindahan itu
tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah
Menurut orang Yunani keindahan itu, pikiran
yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya
adalah sebagai berikut:
a.
Keindahan Seni
b. Keindahan
Alam
c.
Keindahan Moral
d. Keindahan
Intelektual
2. keindahan dalam arti estetik murni menyangkut
pengalaman estentik seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang di
serapnya.
3. Keindahan dalam arti yangf terbatas mempunyai
arti yang lebih di sempitkan sehingga hanya menyagkut benda-benda yang dapat
diserap dengan penglihatan yakni berupa keindahan bentuk dan warna.
Jadi keindahan pada dasarnya adalah sejumlah
kualitas pkk tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang paling sering
bdisebut adalah kesatuan.
Filosofi seni mengatakan keindahan itu sebgai
kesatuan hubungan yang terdapat antara pencerapa-pencerapan indra kita.
Keindahan identik dengan kebenaran, keindahan
adalah kebenaran, dan kebenaran adalah keindahan. Kedua-duanya mempunyai nilai
yang sama yaitu abadi yaitu mempunyai daya tarik yang selalu bertambah, yang
tidak mendukung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat
universal . artinya tidak terikat oleh seera perorangan, waktu dan tempat,
selera mode, kedaerahan atau lokal.
B. Nilai
Estetik
Dalam rangka terori umum
tentang “The Lianh Gie” menjelaskan bahwa pengertian yang dianggap
sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya niali moral, nilai ekonomi, nilai
pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang
tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estentik.
Dalam bidang filsafat, istilah
sering kalin dipakai sebagai kata benda abstrak yang berarti keberhargaan
(wort) atau kebaikan (goodness)
Dalam “dictionary of sociology and relate
ecience” diberikan rumusan tentang nilai sebagai berikut.. kemampuan yang
dianggap ada pada suatu benda yang dapat memuaskan keinginan manusia, sifat
suatu benda yang menarik minat seseorang atau suatu kelompok.
Hal itu berati nilai adalah :semata-mat
reealita psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan karena
terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada bendanya itu sendiri. Nilai itu
(oleh orang) dianggap terdapat pada suatu benda sampai terbukti kebenarannya.
Nilai dibedakan antyara lain subyektif dan
nilai obyektif atau yang membedakan nilai perseorangan dan nilai
kemasyarakatan. Tetapi penggolongan yang penting adalah nilai ekstrinsik dan
instrinsik. Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat
sarana untuk sesuatu hal lainnya. Yakni nilai yang bersifat sebagai alat untuk
membantu.
Contoh : puisi, bentuk puisi yqang terdiri
dari bahasa, diksi, baris sajak irama.
Tari-tari, darmawulan-minakjinggo suatu tarian
halus dan kasar dengan segala macam jenis pakaian dan gerak gerik adalah tari
perang antara darmawulan dan minak jinggo.
Nilai intrinsik adalah pesan yang ingin disampaikan
kepada pembaca melalui (alat atau benda ) . pesan yang disampaikan koleh tanan
darmawulan –minak jinggo adallah kebaikan melawan kejahatan
C. Apa Sebab Manusia
Mencintai Keindahan
Keindahan pada dasarnya adalah alamiah. Alam
itu ciptaan tuhan. Ini berarti bahwa keindahan juga ciptaan tuhan. Menurut
al-qur`an alam ini sepenuhnya milik alah, karena allahlah yang menciptakan.
Alamiah itu artinya wajar, tidak berlebihan,
tidak pula kurang. Kalau pelukis wanita lebih cantik dari keindahan yang
sebenarnya, judtru tidak indah. Karena akan ada ucapan “ lebih cantik ndari
warna aslinya”.
Bila ada sebuah drama, pemakaannya itu
berlebih-lebihan
Contoh : marah dengan meluap-luap padahal
kesalahan kecil dan ada seserang kehilangan barangnya yang tidak berharga,
kemudian dia menangis. Itu dinamakan tidak alamiah.
Jadi kesimpulannya adalah keindahan berasal
dari kata “ Indah” berati bagus, permai, cantik, molek, dan sebagainya.
Benda yang mengandung keindahan
adalah segala hasil seni dalam alam semeta ciptaan tuhan. Sangat luas
kawasan keindahan bagi manusia.
Keindahan identik dengan
kebenaran. Keduanya mempunyai niali yang sama. Abadi dan mepunyai daya tarik
yang selalu bertambah. Keindahan bersifat universal.sejak abad ke 18
penhgertian keindahan ini telah dimulai oleh para filosofi. Keindahan dapat
dibedakan sebagai suatu kuaitas abstrak dan sebagai sebuah banda tertentu yang
indah.
Keindahan dalam arti abstrak murni mencakup
pengalaman abstrak seseorang dalam hubungan dengan segala sesuatu yang diserapnya.
Ciri-ciri keindahan, menytangkut kualitas
hakiki dari segala benda yang mengandung kesatuan, keselarasan, kesetangkupan,
keseimbangan, pertentangan. Dari ciri-ciri itu diambil kesimpulan bahwa
keindahan tersusun dari keselarasan dan pertentangan dari garis warna, bentuk
dan kata-kata.
Defenisi keindahan sangat luas. Karena itu
dalam abstetik modern orang lebih suka berbicara tentang seni dan
astetika. Itu merupakan gejala kongkrit yang dapat dikelan dengan pengalaman
secara emperik dan penguraian sistematik daam Al-quran Allah SWT berfirman.
Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan
kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?" Tentu
mereka akan menjawab: "Allah." Katakanlah : "Segala puji bagi
Allah"; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. Kepunyaan
Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang
Maha Kaya lagi Maha Terpuji. .(Q.SLuknan,[31]:25-26)
Bahkan manusia adalah : bagaian alam itu
sendiri, karena Ia ciptakan bermula dari apa yang ada dialam.Allah mengatakan
dalam Al-Qur`an
Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada
di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya
tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu(Q,S. Al-Baqarah : [2] :
29).
D. Keindahan Dalam Islam
Imam Al-Ghazali berkata : “Kepunyaan Allah-Lah
keindahan, keagungan, dan kebesaran. Kesempurmaan, kesucian tidal dapat
disandangkan dan dibayangkan kecuali hanya untuk Allah sediri, Yang Maha Esa,
Yang Maha Benar yang memilki keluhuran dan kemuliaan.
Kesempurnaan hanya lah milik Allah sendiri,
yang maha suci dari kekurangan cacat dan cela.
Yang itu dicintai.........;
Yang indah secara mutlak hanyaLah dia yang maha esa;
Yang tidak sekutu bagi-Nya;
Yang Tunggal, tiada yang menandingi-Nya;
Tempat Bergantung, tiada yang menantang-Nya;
Yang maha kaya, yang tidak berkeperluan;
Yang menentu kan hukum, tiada yang menolak hukum-Nya;
Yang menetapkan keputusan, tiada yang dapat megugat-Nya;
Yang orang-oraang arif, yang sempurna
kearifanNya menggaku tak mampu mengetahuinya;
Yang puncak kenabian para nabi, mengaku tak
dapat menyipatnya sebagai manamestnya, katanya;
“aku tak dapat menghinggakan pujian untuk-Mu
sebagaimana Engkau puji dari-Mu sendiri.
Allah itu ndah, dan diantara keindahan
perbuatan-Nya ialah kasih sayang dan kelemah lembutan-Nya, karena dia
memberi tugas yang ringan, tetapi memberi pahala yang banyak, memberi tempo
kepada orang-orang yang melanggar, agar bertaubat dan penyantun terhadap
orang-orang yang berdosa.
Dan kalau sekiranya Allah, menyiksa manusia karena kesalahan yang
diperbuatnya, niscaya tidak ada mahluk yang bergerak pun yang tinggal
dimuka bumi itu, namun Allah menangguhkan siksa mereka sasampai pada batas
masanya yang telah di tentukan (Q.S Fathir : 45)
E. Makna Renungan
Renungan berasal dari kata renung. Merenung
artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu secara
mendalam. Renunagn adalah hasil merenung .
Orang yang merenungkan setiap
kegiatannya/segenap pengetahuannya yang dia miliki dapat disebut berfilsafat.
Tetapi tidak semua orang mampu berpikir kekilsafan. Dimana kekilsafan
mendasarkan diri pada penalaran. Penalarab adalah prosesd berpikir yang logis
dan analitis. Berpikir merupakan kegiatan kegiatan untuk menyusun pengetahuan
yang benar. Sedang analisis adalah kegiatan. Berpikir berdasarkan
langkah-langkah tertentu sehingga pengetahuan yang kita peroleh disebut
pengetahuan-pengetahuan tidak langsung.
Setaip pernah orang merenung. Sudah tentu
kadar renungannya satu sama lain berbed, meski objek yang direnungkan itu
tergantung kepada obyek dan subyek
Ada 3 macam pemikiran kefilsafatan
adalah sebagai berikut:
1. menyeluruh, artinya pemikiran yang luas bukan
hanya ditinjau sudut pandangan tertentu. Tetapi ingin mengetahui ilmu
yang satu dengan ilmu yang lain.
Contoh dengan moral dan seni dan tujuan hidup
2. mendasar, artinya pemikiran yang dalam sampai
kepada hasil yang fundamental.(keluar gejala) sehingga dapat dujadikan
dasar berpijak bagi segenap bidang keilmuan.
3. spekulatif artinya hasil pemikiran yang dapat
dijadikan dasar untuk pemikiran-pemikiran selanjutnya. Hasil pemikiran selalu
dimaksudkan sebagai dasar untuk menjelajah wilayah pengetahuan yang baru.
Metafisika adalah cabang filsafat yang paling
umum, mendasar dan kritik spekulatif.
Renungan atau pemikiranyang dibahas dalam
modul ini adalah yang berhubungan dengan keindahan. Tanpa direnungkan hasil
seni tidak mencapai keindahan
Renungan atau pemikiran berhubungan
dengan keindahan didasarkan atas 3 macam teri yaitu:
1. teori metafisika, plato mendalilkan adanya
dunia ide para taraf yang tertinggi, sebagai realita illahi itu.
2. teori pengungkapan, dam teori ini dikatakan
oleh Benedelto Croce. Bahwa seni adalah pengungkapan kesan-kesan yang dimiliki
seserang
3. teori psikolgis, dinyatakan bahwa proses
penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan bawah sadar dari serang seniman.
Dalam proses jiwa seniman pada waktu merenung
dalam rangka menciptakan seni,menurut ke ats menyatakan bahwa, untuk mengatasai
rasa ragu-ragu atau takut yang meledakkan imajinasi, dan imajinasi ini
membentuk keindahan.
Konsep keindahan adalah abstrak, knsep itu
baru dapat berkbmunikasisetelah diberi bentuk.
Contoh Geserng bermain di Bengawan Solo,
setelah bermain ia merenung, dan dia pun menemukan konsep keindahan, tetapi
konsep keindahan belum berkomunikasi, setelah diberi benrtuk barulah
berkomunikasi, yaitu lagu-lagu “Bengawan Solo”.
F. Makna
Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi. Serasi
dari kata dasar rasi artinya cock, sesuai atau kena benar. Kata cock , sesuai
atau kena mengandun insur pengertian perpaduan, pertentangan, ukuran ,
dan seimbangan.
Contohnya orang berpakaian antar kulit dan
warna yang dipakai cocok.
Dalama memadu rumah dan halaman, rumah yang
bagus, dengabn halaman yang luas dan tersusun rapi dengan bunga-bunga yang
indah-indah, orang akan memuji keserasian itu, tetapi sebaliknya, rumah yang
bagus, yang tidak mempunyai halaman tentu orang akan mengatakan “sayang” jadi
dalam memadu rumah dan halaman ada unsur ukuran-ukuran yang seimbang.
Dalam berpakain sangat diutamakan keserasian
warna dan bentuk serta potongasn tubuh,. Ada pria dan ada wanita yang dapat
kita kagumi karena kecantikan /ketampanan pria /waniata yang se4dang duduk,
setiap orang yan g melihatnya terheran-heran melihat wajahnya hampir semua mata
memandang kearah wanita atau pria yang dikagumi itu. Tetapi setelah berdiri,
semua orang mengeluh “sayang”, tinggi orang itu tidak sesuai dengan harapan
kita, ternyata terlalu pendek, hal seperti ini juga menyatakan ukuran,.
Karena itu dalam hal keindahan, sebagian besar
ahli pikir, menjelaskan bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah
kualita/pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang paling
sering disebut adalah kesatuan, keselarasan, keseimbanagn dan pertentangan.
Keserasian identik dengan keindahan . sesuatu
yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah dilihat.
Karena itu, sebagian ahli pikir berpendapat bahwa keindahan adalah sejumlah
kualitas pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal.
Dalam keserlarasan itu seseorang memiliki
perasaan seimbang dan tenang, dan juga mempunyai cita rasa akan sesuatu yang
berakhir dan merasa hidup sesaat ditengah-tengah, kesempurnaan yang
menyenangkan hati dan ingin memperpanjangnya.
Keindahan sangat erat hubungannya dengan
keserasian keindahan itu juga ada hubungan erat dengan seni. Seni ini tidak
hanya terdapat dalam keindahan, seni juga ada diahas dimatematika.
Menurut mahzab Phytagoras yang menciptakan
teori proporsi itu mengemukakan bahwa nada-nada yang dikeluarkan oleh seutas
sinar tergantung dari panjang-pendeknya sinar.
Dalam seni ada 6 yaitu:
1. kesatuan total
2. tema
3. tema variasi
4. keseimbangan
5. perkembangan
6. tata jenjang
matematika mempunyai peran penting dalam seni,
terutama dalam cabang seni bangunan, seni lukis, dan seni musik.
Keserasian tidak ada hubungannya dengan
kemewahan. Sebab keserasian merupakan perpaduan antara warna, bentuk dan ukuran
atau keserasian merupakan pertentangfan antara nada-nada tinggi rendah , keras
lembut, dan panjang pendek. Kadang-kadang kemewahan menunkang keserasian tetapi
tidak selalu.
G. MAKNA KEHALUSAN
Kehalusan berasal dari kata halus artinya
tidak kasar (perbuatannya) lembut, sopan baik (budi bahasanya) beradab
kehalusan berarti sifat-sifat yang halus kesopanan atau keadaban.
Halus bagi manusia itu sendiri ialah berupa
sikap halus, sikap halus adalah sikap lembut dalam menghadapi orang. Lembut
dalam pengucapan kata-kata lembut dalam roman muka , lembut dalam sikap anggota
badan lainnya.
Halus itu berarti sikap manusia dalam
pergaulan , baik dalam masyarakat kecil maupun dalam masyarakat luas. Sikap
halus atau lembut merupakan gambaran hati yanhg halus serta cinta kasih terhadap
sesama. Sebab itu orang yang bersikap menolong orang lain. Sikap lembut juga
dimiliki oleh orang yang rendah hati, karena orang yang bersikap rendah hati
adalah orang-oranmg yang halus tutur bahasanya sopan tingkah lakunya.
Dalam Al-Qur`an allah telah memberikan contoh
dari suri tauladan yang sangat baik kepada manusia, tentang bagaimana
seharusnya cara pergaulan antar sesama. Keindahan gaya bahasa Al-Qur`an yang
halus dan baik dalam memberikan sesuatu pengarahan kepada manusia.
Bagian-bagian rohanian yang melahirkan sikap
ada 5 bagian yaitu
1. Kelembutan
dalam pergaulan
Agar dalam pergaulan terjaga kehalusan dan
kelembutannya maka harus berdasarkan prinsip : cinta kasih, kejujuran, keadilan
dan kesatuan siakp. Apabila dalam suatu keluarga itu dipegang teguh dan
sebagai dasar pergaulan , maka lahirlah kehalusan atau kelembutan, kelembuatan,
kedamaian, kebahagiaan, dan ketenangan.
2. pergaulan
dalam masyarakat
keluarga adalah masyarakat, sudah tentu
masyarakat terkecil, namun keluarga itu mempunyai peranan dalam masyarakat ,
karena masyarakat itu terjadi dari masyarakat kecil.
Apabila setiap keluarga menannamkan
prinsip-prinsip di atas maka keluarga-keluarga yang membentruk masyarakat itu
akan hidup tentram, damai, bahagia, dan selalu di jumpai kelembutan.
3. kemauan
kemauan merupakan salah satu unsur yang
terdapat dalam bagian rohanian manusia. Unsur kemauan itu penting, karena
kemauanlah yang menentukan pilihan.
Yakni berbuat baik atau tidak berbuat baik .
Kemauan juga disebut karsa, karena kemauan atau karsa itu yang menentukan
pilihan untuk baik atau buruk. Kemauan baik ialah kemauan yang sifatnya luhur,
yang tidak merugikan orang lain. Kemauan buruk ialah kemauan yang merugikan
orang lain. Selain itu kemauan terbagi dalam 3 bagin yaitu:
Kemauan lunak, kemauan keras dan kemauan
berubah.
4. Perasaaan
Perasaaan juga datangnya dari jiwa manusi,
yang wujud luarnya tampak pada tingkah lakunya perbuatan atau tindakan. Karena
itu, perasaan pun merupakan salah satu lapangan sikap
Perasaan disini yang dimaksud adalah perasaan
yang d\ada jiwa atau yang ada pada hati manusia. Karena dia menyeluruh hati
manusia, maka perasaan yang pada jiwa atau yang lazim ada pada hati manusia.
Perasaann perlu dikendalikan dengan baik.
5. Pikiran
Pikiran dalah bagian rohani manusia yang dapat
menciptakan pengetahuan, gagasa, pendapat, ide, dya, upaya(akal) teori,
pertimbanagan, renungan, kesadaran, kebujaksanaan.
Demikian pila orang yang mampu mengendaliakn kemauannya dengan pikirannya
adalah orang yangf realistik.,Sebaliknya, perasaaan dan kemauan berpengaruh
atas jalannya pikiran manusia
Contoh perasaan yang halus akan mempengaruhi akal yang sehat,
keinginan, kemauan , yang tinggi akan mendorong manusia untuk
memeras otak atau pikiran agar melahirkan ide atau gagasan yang baru.
Jadi , antara pikiran, perasaaan, kemauan, yang lazim disebut “cipta, rasa, dan
karsa” manusia merupakan jalinan yang kuat sekali. cipta, rasa, dan karsa
yangmembuat manusia selalu bergerak, berubah, berkembang dan maju, dengan kata
lain membuat orang dinamis sebab itu, para filsuf yang menyebut ke tiga
rohaniah itu “ Trias-dinamika”
H. Sekitar Masalah Kesenian
Jika melihat batasan seni atau kesenian
menurut readf diturunkan pembagian sebagai berikut.
1. Seni Visual
Seni yang hanya di tangkap oleh mata (khas)
yaitu seni lukis karena lukisan hanya bisa di tangkap oleh indera marta, tapi
dapatdi golongkan ke penggolongan yang lain seperti sastra tertulis dan patung
atau bahkan seni gerak.
2. Seni Lukis
seni jenis ini mestinya dapat digolongkan juga
seni visual seperti seni gerak dan patung, arsitektur dan pahat.
3. Seni Musik
Hasil kesatuan dari susunan (komposisi) lagu
dan karya musik dalam ekspresi bunyi yang termasuk ialah musik imstrumen dan
vokal koor.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1. Keindahan
adalah berasal dari kata “indah” berarti bagus, permai, cantik, molek
dan sebagainya.
keindahan mengandung 2 makna yaitu
Keindahan dalam arti ektetik murni
Keindahan dalam ektetik
terbatas
2. Renungan adalah berasal dari kata
“renung” artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesusatu
dengan cara mendalam,renungan adalah hasil merenung.
Ada 3 macam kepemikiran ke filsafatan
a.
menyeluruh artinya pemikiran yang lebih luas
b. Mendasar
artinya pemikiran yang dalam
c.
spekulatif artinya hasil pemikiran yang dapata dijadikan dasar untuk
pemikiran-pemikiran selanjutnya.
3. keserasian adalah : berasal dari bahasa
“serasi” yang artinya dari kata dasar “rasi’ artinya cocok, sesuai atau kena
benar
4. kehalusan adalah bersal dari kata “halus”
artinya tidak kasar (perbuatan ) lembut, sopan, baik (budi bahasa) beradap
kehalusan berarti sifat-sifat yang halus, kesopanan atau keadaban.
5. ada 5 bagian rohanian yaitu:
a. kemauan
b. perasaan
c. pikiran
d. kelembutan
dan pergaulan
e. pergaulan dalam masyarakat.
6. Masalah
kesenian menurut read adalah
a. seni
visual
b. seni lukis
c. seni
musik
DAFTAR PUSTAKA
Ø Notowidagdo, Rohiman. Ilmu Budaya
Dasar Berdasarkan Al-Quran Dan Hadits. Jakarta: PT. RajaGrapindo Persada. 2002
Ø Whidagdo, Djoko.Ilmu Budaya Dasar.
Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003
Ø Try, Prasetio, Djoko. Ilmu Budaya
DasarMKDU. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1998
Sumber :
Ø
http://ilmubudayadasar-wanda.blogspot*com/2011/12/manusia-dan-keindahan.html
Ø
http://ajengbells-tinkerbell.blogspot*com/2012/04/manusia-dan-keindahan-keindahan.html
No comments for "LIHAT RAHASIA : Contoh Makalah Singkat tentang Manusia dan Keindahan (alam, konsep, saran, penderitaan, pdf, ppt)"
Post a Comment