LIHAT RAHASIA : Contoh Makalah Singkat tentang Sejarah Komputer (internet, generasi ke 4, pengenalan, perkembangan)

Kumpulan contoh struktur makalah penelitian untuk mahasiswa-sma-smp lengkap

- makalah sejarah komputer dan internet
- makalah sejarah komputer generasi ke 4
- makalah tentang pengenalan komputer dan sejarah komputer
- membuat makalah tentang sejarah perkembangan komputer
- makalah sejarah dan generasi komputer
- makalah sejarah perkembangan komputer singkat
- sejarah komputer lengkap
- sejarah komputer singkat
-contoh makalah penelitian
-contoh makalah singkat
-contoh makalah mahasiswa lengkap
-contoh makalah pdf
-contoh makalah bahasa indonesia
-kumpulan contoh makalah yang baik dan benar
-contoh makalah pkn
-contoh makalah penelitian ilmiah
-contoh makalah singkat pdf
-makalah singkat tentang kesehatan
-contoh makalah singkat sma
-makalah singkat tentang internet
-contoh makalah sederhana
-contoh makalah singkat tentang lingkungan hidup
-contoh makalah singkat tentang kesehatan
-contoh makalah singkat tentang narkoba

contoh struktur makalah penelitian untuk mahasiswa





Contoh Makalah tentang Sejarah Komputer 

BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Manusia telah berfikir untuk menumukan peralatan-peralatan yang dapat mengolah data dengan lebih tepat dan lebih cepat. Misalnya, mungkin anda adalah salah satu dari jutaan manusia yang mempunyai dan mempergunakan kalkulator saku. Alat ini dapat melakukan perhitungan-perhitungan matematika, dapat memecahkan persoalan-persoalan keuangan, rumus-rumus, menghitung harga barang yang akan dijual, menghitung labanya, menghitung volume suatu ruang dan lain sebagainya.  Penggunaan alat ini sekarang masih belum cukup memenuhi. Manusia masih terus berusaha menemukan alat-alat baru yang lebih canggih. Komputer sekarang adalah jawabannya. Kehadiran komputer yang sekarang dianggap canggih ini tidak begitu saja muncul dengan tiba-tiba. Karena, teknologi dari alat-alat yang paling sederhana, dikembangkan setahap demi setahap sampai hadirnya komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Untuk itu penulis akan membahas masalah sejarah perkembangan komputer.
                    
B.     Rumusan Masalah
Dari Latar Belakang yang ada maka penulis dapat menarik rumusan masalah, yakni:
1.    Bagaimana Proses penemuan dan  Perkembangan Komputer ?
2.    Bagaimana perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi ?

C.    Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini yaitu agar kita semua dapat mengetahui dan memahami :
1.      Proses penemuan dan Perkembangan Komputer
2.      Perkembangan komputer dari generasi ke generasi

BAB II

PEMBAHASAN


A.    Proses Penemuan dan Perkembangan Komputer

Istilah komputer dikaitkan dengan sebuah profesi pekerjaan sebagaimana istilah mesin mekanik komputer saat ini karena mesin ini melakukan pekerjaan yang sebelumnya telah diberikan kepada orang-orang yang awalnya nama pekerjaan, sejarah istilah komputer ini digunakan untuk menggambarkan mereka  (manusia terutama perempuan) yang tugasnya melakukan perhitungan berulang yang diperlukan untuk menghitung hal-hal seperti tabel navigasi, grafik naik turun dan posisi planet untuk almanak astronomi.
“Sejarah Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika ditemukannya alat hitung pertama.  Alat ini disebut abakus atau sempoa”[1].
Selain itu, sumber yang mengatakan bahwa Sejarah Komputer itu bermula sejak ditemukannya alat mekanik dan elektronik untuk proses olah data telah dilakukan seiring ditemukannya alat-alat mekanika dan elektronika (mechanical and electronic) untuk membantu dalam perhitungan yang cepat. Dari awal dimulainya Sejarah perkembangan Komputer hingga pengembangan perangkat modern seperti yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi dari penemuan alat  mekanik dan elektronik, Mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal  (1623-1662), Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise Pascal  baru saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya dalam melakukan penghitungan pajak. Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline, mempergunakan roda putar bergerigi  sebanyak delapan buah, digunakan  untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya jika perhitungan sudah melebihi 10 digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise Pascal adalah orang yang berjasa karena menemukan ide pertama untuk komputer digital.[3]
Pada Tahun 1694, seorang saintis matematika dan filosof Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan  Pascaline dengan membuat mesin yang mampu melakukan operasi perkalian. Sama seperti pendahulunya, alat ini tetap bekerja menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari  maha karya Pascal, Leibniz mampu menyempurnakan alatnya.
Di tahun 1812, Charles Babbage kelahiran 26 Desember 1792, seorang professor dari Universitas Cambridge Inggris, ia merupakan seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Ia juga telah mengakeslarasi kemajuan Komputer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini di bidang hardware dengan menemukan sebuah Difference Engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Menurut catatan Sejarah Komputer,  Babbage menemukan ide mengenai Analytical Engine pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan Difference Enginenya, Orang-orang yang pesimis menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal. Charles Babbage, memperhatikan keserasian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat cocok dalam melakukkan tugas yang sama dan berulangkali tanpa kesalahan, sedang matematika memerlukan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu, mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial dengan memakai daya tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Penemuan Babbage dan Pemikiran-pemikirannya yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik  Komputer elektronik modern. Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarah komputer modern.[4]
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama satu dekade, kemudian Babbage terinspirasi untuk  membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, dalam pembuatan mesin ini Lady Augusta Ada Lovelace (1815-1842) mempunyai peran penting karena telan membantu merevisi rencana dan  mencari pendanaan dari pemerintah Kerajaan Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk di input ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer perempuan psertama. pada tahun 1980[5], DoD atau Departemen Pertahanan, Pentagon USA menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan pada Babbage. Lady Ada merupakan seorang ahli matematika yang brilian. Dia berhasil menyempurnakan beberapa konsep dari mesin Babbage. Lady ada dianggap sebagai Programmer komputer yang pertama karena temuannya tersebut.
Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum  komputer  digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang. Meskipun demikian, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, Basic desain dari Analytical Engine mempergunakan Punched Card (berlubang-lubang) yang memuat  instruksi operasi bagi mesin itu. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin Diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.
Pada tahun 1944, Howard Aiken dari Universitas Harvard berhasil membuat Komputer elektronik mekanik yang diberi nama  Mark I, Tetapi sebelumnya pada tahun 1937 seorang profesor dari Iowa Satate College yang bernama John Vincent Atanasoff mengembangkan sebuah prototipe komputer elektronik dengan dibantu seorang asistennya yang bernama Clifford Berry. Prototipe komputer yang dihasilkan disebut ABC (Atanasoff Berry Computer).
Pada tahun 1940 Atanasoff dan Berry bertemu dengan John W. Mauchly dari Moore School Of Electrical Engineering University Of Pennnsylvania. Dan pada tahun 1945 komputer yang sepenuhnya elektronik behasil dibuat di Moore School Of Electrical Engineering oleh John W. Mauchly bersama-sama dengan J.Presper Eckert Jr dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC dianggap komputer elektronik yang pertama di dunia.[6]
ENIAC beratnya sekitar 30 ton dan menempati ruangan seluas kira-kira 180 meter persegi. ENIAC dapat melakukan 300 operasi perkalian perdetik. Sangat lambat dibandingkan dengan komputer yang ada pada waktu ini, tetapi sudah sangat cepat untuk masa itu. Komputer ENIAC dibangun atas biaya dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dan dipergunakan pada awal mulanya untuk membantu Departemen Pertahanan Amerika menghitung lintasan tembakan peluru meriam pada masa perang Dunia II, dan digunakan sampai pada tahun 1955.
Saat ini komputer tidak lagi sebagai alat hitung biasa, namun telah memasuki ke segala aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa namun bisa dimanfaatkan diberbagai bidang pekerjaan, lihat saja penggunaan komputer dibidang kedokteran, misalnya USG CT Scan dan lainya, di super-super market digunakan di kasir untuk melakukan billing dengan alat pembaca barcode.

B.     Generasi Komputer
Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Dengan ditemukannyanya abakus sebagai alat hitung biasa, sampai memasuki Komputer generasi pertama sebagai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yang lalu. Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer generasi kelima. Sejarah Komputer  Modern dari Generasi ke Generasi yakni :

1. Generasi Pertama (1946-1959)
Generasi pertama ini dikenal sebagai gelombang one computer, many people atau satu komputer, banyak pemakai. Era ini ditandai dengan digunakannya teknologi Mainframe yang mulai berkembang pada awal tahun 40-an. Teknologi ini mencapai puncak kepopuleran pada tahun 70-an sampai awal 80-an. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer, pada pertengahan 80-an, Mainframe sudah mulai ditinggalkan karena tergeser oleh teknologi mini computer dan Personal Computer (PC).
Walaupun komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama di mulai pada tahun 1946, karena komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep Stored Program (operasi komputer di kontrol oleh program yang disimpan di memori komputer, sedang komputer elektronik sebelumnya program tidak dapat disimpan di memori komputer, hanya tiap-tiap instruksi dibacakan ke komputer, sedang program adalah kumpulan dari instruksi).[7]
Stored Program merupakan suatu konsep yang cukup dramatis. Dengan Stored Program, tidak perlu merubah isi komponen dalam komputer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda. Hanya program baru untuk aplikasi itu saja yanh dibacakan ke komputer dan disimpan di memori komputer. Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dari instruksi-instruksi angka 0 dan 1 di dalam urutan-urutan yang tertentu.
Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC), ENIAC mulai dibuat tahun 1942 di Moor School of Electrical Engineering yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. ENIAC merupakan komputer yang berukuran besar, membutuhkan tempat lebih dari 500 m2 , Volume 105 m3, Terdiri dari 18.000 tabung vakum,  75.000 relay dan saklar, 10.000 Kapasitor, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Berat ENIAC lebih dari 30 ton. ENIAC mempunyai suatu memori yag terdiri dari 20 buah accumulator, masing-masing accumulator dapat menyimpan 10 digit bilangan. ENIAC mampu melakukan 5000 buah pertambahan 10 digit angka dalam waktu 1 detik dan mampu melakukan 300 buah perkalian dalam waktu 1 detik. ENIAC dapat mengolah data dalam waktu sehari untuk pekerjaan yang dilakukan selama 30 hari oleh komputer sebelumnya atau 300 hari bila dikerjakan oleh tangan secara manual. Semua input dan output dilakukan dengan kartu plong.[8]
Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer).
Berdasarkan konsep Von Neumann, maka Mauchly dan Eckert berusaha membuat komputer yang lebih canggih dari ENIAC, yaitu yang diberi nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer).[9]
Negara Inggris tidak ketinggalan. Universitas Cambridge  membangun komputer juga yang diberi nama EDSAC (Electronic Delayed Stroge Automatic Computer). Melihat potensi besar yang muncul dengan kelahiran komputer, maka Eckert dan Muchly mendirikan perusahaan swasta pembuat komputer komersial pertama yang diberi nama UNIVAC (Universal Automatic Computer), dan sampai sekarang ini masih ada dan bergabung dengan perusahaan Burrough dengan nama baru yaitu : Perusahaan UNISYS.
Komputer komersial diawali oleh UNIVAC (Universal Automatic Computer). Ini merupakan sebuah komputer yang dibangun oleh dua ilmuan yaitu Mauchly dan Echert serta digunakan pada sensus Amerika Serikat pada tahun 1947. Kemudian, secara garis besar komputer ini digunakan pada tahun 1942 hingga tahun 1955. Selanjutnya bermunculan perusahaan – perusahaan yang ikut membuat komputer, tercatat pada masa itu antara lain adalah IBM, Burroughs, RCA, Honeywell.[10]
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.

Adapun Ciri-ciri komputer generasi pertama, yakni ;
1.      Menggunakan vacum tube ( Tabung Hampa Udara) sehingga komputer generasi pertama ini memiliki ukuran yang sangat besar
2.      Menggunakan bahasa mesin sehingga kecepatan kerjanya sangat lambat dan memiliki memori yang sangat kecil.
3.      Untuk menjalankannya membutuhkan panas yang sangat tinggi.
4.      Kemampuan ENIAC hanya dapat melaksanakan 300 operasi perkalian tiap detik.
5.      Program hanya dapat di buat dengan bahasa mesin
6.      Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
7.      Prosesnya kurang cepat
8.      Membutuhkan daya listrik yang besar
9.      Orientasinya lebih utama pada aplikasi bisnis[11]

Selain itu, Adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama, yakni
Kelebihan :
1.      Dapat menghitung data dalam hitungan milidetik
2.      Mempunyai vacuum tube yang memungkinkan komputer modern dibuat

Kekurangan :
1.      Ukurannya sangat besar
2.      Mengkonsumsi sangat banyak energi
3.      Cepat panas karena terdapat ribuan vacuum tubes
4.      Belum dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan berat
5.      Memerlukan AC
6.      Pemeliharaan yang rumit
7.      Biaya produksi yang mahal
8.      Penggunaanya yang masih terbatas
9.      Lambat dalam bekerja
10.  Kemampuan pemrograman terbatas
11.  Bahasa mesin terbatas


2. Generasi  Kedua (1959-1965)
“Kelahiran komputer generasi kedua, diawali dengan penemuan semi konduktor”.[12]
 Semi kondukter adalah suatu bahan yang bersifat sebagai setengah penghantar arus listrik. Sebagai penghantar kemampuannya tidak sebaik tembaga. Bahan semi konduktor ini ternyata dapat dipakai untuk membuat suatu alat yang bernama Transistor. Alat ini mempunyai cara kerja yang mirip dengan Tabung hampa, sehingga dapat dipakai untuk menggantikan fungsi tabung hampa. Dengan demikian maka komponen-komponen komputer yang mulanya dibuat dengan menggunakan tabung hampa sekarang dapat digantikan dengan Transistor.
Transistor ditemukan di Bell Laboratories pada tahun 1947 oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Bratain. Shockley membuat perusahaan yang diberi nama Schockly semicoductor  pada tahun 1955. Perusahaan ini berlokasi di Palo Alto California. Kemudian beberapa pegawai perusahaan Shockley membuat perusahaan baru yang bernama Fairchild Semiconductor, dan selanjutnya beberapa pegawai Fairchild membuat perusahaan baru yang menjadi sangat terkenal sampai sekarang ialah Intel Corporation. Salah satu dampak nyata penggunaan transistor adalah ukuran komputer yang berkurang. Hal itu karena vacuum tubes yang diganti dengan berbagai transistor di dalam komputer tersebut.
Pada awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas, dan di pemerintahan, Contoh dari komputer yang hadir pada generasi kedua ini adalah IBM 7094 series, IBM 1400 series, dan CDC 164, UNIVAC 1107, Honeywell 1604 dan lain-lain. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Pada masa ini perangkat lunak juga mulai berkembang. Para ahli perangkat lunak mulai mengembaikan  bahasa komputer Aras tinggi yang dapat dipakai oleh orang awam untuk menyusun program komputer. Bahasa Aras Tinggi yang pertama dikembangkan adalah bahasa FORTRAN (Formula Translation). Hail ini semakin memacu perkembangan komputer.[13]
Komputer yang hadir pada generasi kedua ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi,  dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. 

Adapun Ciri-ciri komputer generasi kedua, yakni :
1.      Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya
2.      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
3.      Kapasitas memori utama sudah cukup esar dengan pengembangan dai magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter
4.      Menggunakan simpanan luar megnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
5.      Pengolahan data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
6.      Kebutuhan panasnya tidak terlalu tinggi.
7.      Ukuran fisiknya lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama.
8.      Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
9.      Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik
10.  Mempunyai kemampuan Proses real time dan time sharing[14]

Selain itu, terdapat juga kelebihan dan kekurangan komputer generasi kedua, yakni :
Kelebihan :
1.      Lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
2.      Komputer lebih handal
3.      Menggunakan sedikit energi sehingga tidak membuat komputer terlalu panas
4.      Penggunaan komersial yang lebih luas
5.      Portabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan komputer generasi pertama
6.      Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam mikrodetik
7.      Menggunakan peripheral lebih cepat seperti tape drive, disk magnetik, printer, dll
8.      Akurasi meningkat

Kekurangan :
1.      Sistem pendingin yang masih diperlukan
2.      Perawatan konstan yang sangat diperlukan
3.      Produksi komersial yang sulit
4.      Hanya digunakan untuk tujuan tertentu
5.      Mahal dan tidak fleksibel
6.      Kartu Puch digunakan untuk input

3.      Generasi Ketiga (1965-1970)
Kelahiran komputer ketiga di tandai dengan berkembangnya teknologi pembuatan untai Terpadu (IC = Integrated Circuit)[15]. Komputer generasi ketiga menggunakan sistem sirkuit terpadu ( IC ). Jack Kilby mengembangkan konsep sirkuit terpadu pada tahun 1958 dan Ini adalah penemuan penting dalam bidang komputer. IC pertama kali ditemukan dan digunakan pada tahun 1961 denga ukuran sebuah IC sama dengan ¼ inci persegi.
Transistor tetap digunakan pada komputer generasi ketiga karena sebuah chip IC dapat berisi ribuan transistor. Beberapa hal yang ditonjolkan melalui pengembangan komputer generasi ketiga ini adalah komputer yang menjadi lebih kecil ukurannya, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah. Sekitar tahun 1970 komputer generasi ini sudah dapat dibeli di pasaran. Contoh-contoh komputer generasi ketiga adalah IBM 370, IBM System/360, UNIVAC 1108, dan UNIVAC AC 9000.
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Pada saat itu mulai juga dikembangkan alat bantu magnetis yang berupa cakram magnetis yang dapat dipakai sebagai alat akses langsung, demikian juga sistem pemakaian komputer secara online dengan menggunakan terminal jarak jauh mulai dikembnagkan. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan fasilitas komputer secara online, antara lain perusahaan penerbangan.[16]

Adapun Ciri-ciri komputer generasi ketiga, yakni :
1.      Komponen yang dipergunakan adalah IC dan Menggunakan MIC (Monolotic Itered Circuit)
2.      Peningkatan dari Sofwarenya
3.      Memiliki memori lebih besar dari generasi kedua
4.      Memiliki kecepatan yang lebih besar dan lebih tepat
5.      Memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari generasi kedua
6.      Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access
7.      Penggunaan listrik lebih hemat
8.      Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pendapat pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
9.      Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta megnetik yaitu MICR reader.
10.  Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.[17]

Selain itu, adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga, yakni :
Kelebihan :
1.      Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya
2.      Lebih handal
3.      Energi yang diperlukan lebih sedikit
4.      Menghasilkan sedikit panas dan jauh lebih seidkit dibandingkan dengan komputer sebelumnya
5.      Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik
6.      Kipas sudah digunakan untuk pembuangan panas untuk mencegah kerusakan
7.      Biaya pemeliharaan rendah karena kegagalan hardware yang jarang sekali terjadi
8.      Bertujuan untuk penggunaan secara umum
9.      Dapat digunakan untuk bahasa tingkat tinggi
10.  Kapasitas dan sistem penyimpanan yang baik
11.  Serbaguna
12.  lebih murah
13.  Akurasi yang lebih baik
14.  Produksi komersial meningkat
15.  Mouse dan keyboard sudah mulai digunakan

Kekurangan :
1.      Memerlukan AC
2.      Membutuhkan Teknologi yang sangat canggih untuk pembuatan chip IC

4.      Generasi Keempat (Sejak tahun 1970)
Sejak tahun 1970, ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat, yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu (IC). LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memory), sedang komputer generasi sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage.
Sejarah perkembangan komputer generasi keempat dimulai dengan penemuan mikroprosesor.[18] Mikroprosesor ini berisi ribuan sirkuit terpadu atau integrated circuit (IC). Ted Hoff menghasilkan mikroprosesor pertama pada tahun 1971 untuk Intel dan dikenal sebagai Intel 4004. Teknologi sirkuit terpadu telah meningkat secara cepat dan dibuktikan dengan perancangan LSI (Large Scale Integration) sirkuit dan VLSI (Very Large Scale Integration) sirkuit. Dengan adanya teknologi tersebut, maka anda akan mendapatkan ukuran komputer yang jauh lebih kecil. Ukuran Mikroprosesor modern biasanya hanya satu inci dan dapat berisi jutaan sirkuit elektronik. Contoh-contoh komputer generasi keempat adalah Apple Macintosh dan IBM PC.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan perkabelan langsung, yang disebut juga LAN (Local Area Network), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. 

Adapun ciri-ciri komputer generasi keempat, yakni :
1.      Menggunakan MOS (Methal Oxcide Semi Conductor)
2.      Menggunakan memori yang sangat besar
3.      Memiliki kecepatan dalam mengolah data
4.      Ukurannya menjadi sangat kecil[19]

Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini telah banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti berikut ini:
1.      Robot dan otomasi industri
2.      Otomasi perkantoran
3.      Telekomunikasi
4.      Sistem keuangan elektronik
5.      Komputer pribadi
6.      Sistem informasi ke rumah
7.      Surat elektronik dan konferensi jarak jauh
8.      Kecerdasar buatan.[20]

Selain itu, adapun kelebihan dan kekurangan komputer generasi keempat, yakni :
Kelebihan :
1.      Lebih kuat dan dapat diandalkan dibandingkan generasi sebelumnya
2.      Ukuran yang jauh lebih kecil
3.      Kekuatan pemrosesan yang cepat dengan konsumsi daya yang lebih kecil
4.      Menggunakan kipas untuk pemakaian dan menjaga suhu komputer itu sendiri
5.      Tidak memerlukan AC
6.      Benar-benar untuk tujuan umum
7.      Produksi komersial
8.      Tidak terlalu membutuhkan perbaikan secara rutin
9.      Termurah di antara semua generasi
10.  Semua jenis bahasa tingkat tinggi dapat digunakan dalam komputer

Kekurangan:
1.      Teknologi yang sangat canggih dan terbaru diperlukan untuk pembuatan Mikroprosesor

5.      Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Komputer generasi kelima sedang dalam perkembangan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. 
Jepang adalah negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima, Jepang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer, penghemat energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.[21]
Para ilmuwan bekerja keras pada komputer generasi ke-5 dengan beberapa terobosan. Hal ini didasarkan pada teknik AI (Artificial Intelligence). Komputer bisa memahami kata-kata yang diucapkan & meniru nalar manusia. Dapat merespon lingkungannya menggunakan berbagai jenis sensor. Para ilmuwan terus bekerja untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan komputer. Mereka mencoba untuk menciptakan sebuah komputer dengan IQ nyata dengan bantuan pemrograman canggih dan teknologi. IBM Watson computeris salah satu contoh komputer yang begitu canggih. Komputer generasi kelima diharpkan mempunyai kemampuan “kecerdasam buatan”. Komputer ini akan mempunyai kepandaian yang menyerupai kepandaian manusia yang nantinya merupakan ciri-ciri dari komputer generasi kelima.[22]
Komputer portabel pertama yang menyerupai laptop modern diperkenalkan oleh Apple Powerbooks, dengan built-in trackball, dan kemudian trackpad, dan berlanjut ke opsional warna layar LCD. IBM ThinkPad sebagian besar terinspirasi oleh desain Powerbook, dan PowerBook akhirnya digantikan oleh yang modern MacBook. Banyak dari evolusi komputer portabel telah diaktifkan oleh evolusi mikroprosesor, display LCD, teknologi baterai dan sebagainya. Evolusi ini akhirnya memungkinkan komputer yang lebih kecil dan lebih portabel dari laptop, seperti PDA, tablet, dan smartphone. Kemudian, tentu kemajuan dalam sejarah perkembangan komputer di teknologi modern akan lebih merevolusi komputer di masa depan.

6.  Kemungkinan  Komputer  Masa  Depan
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.  
  Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.[23]

BAB III

PENUTUP


A.    Kesimpulan
Sejarah Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika ditemukannya alat hitung pertama.  Alat ini disebut abakus atau sempoa. Di tahun 1812, Charles Babbage seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Menurut catatan Sejarah Komputer,  Babbage menemukan ide mengenai Analytical Engine pada tahun 1834, Asisten Babbage, dalam pembuatan mesin ini Lady Augusta Ada Lovelace (1815-1842). Lady Ada merupakan seorang ahli matematika yang brilian. Dia berhasil menyempurnakan beberapa konsep dari mesin Babbage. Lady ada dianggap sebagai Programmer komputer yang pertama karena temuannya tersebut. Pada tahun 1945 komputer yang sepenuhnya elektronik behasil dibuat di Moore School Of Electrical Engineering oleh John W. Mauchly bersama-sama dengan J.Presper Eckert Jr dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC dianggap komputer elektronik yang pertama di dunia.
Dengan ditemukannyanya abakus sebagai alat hitung biasa, sampai memasuki Komputer generasi pertama sebagai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yang lalu. Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer generasi kelima. Komputer generasi pertama di mulai pada tahun 1946, karena komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep Stored Program, Komputer-komputer generasi kedua merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor, Kelahiran komputer ketiga di tandai dengan berkembangnya teknologi pembuatan untai Terpadu (IC = Integrated Circuit), Komputer generasi ketiga menggunakan sistem sirkuit terpadu ( IC ), Sejarah perkembangan komputer generasi keempat dimulai dengan penemuan mikroprosesor, Komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda, Komputer generasi kelima sedang dalam perkembangan, Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia


DAFTAR PUSTAKA

Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Jogiyanto. 1988. Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.
Nugroho, Eko. 1990. Pengenalan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.
Internet, http://fauzanmaverick.wordpress.com/2010/08/15/sejarah-komputer-dari-generasi-pertama-hingga-sekarang/.Di unduh Kamis, 17 April 2014



Link lain cara membuat makalah yang baik dan benar 

Tersedia contoh makalah unik lainnya tentang pendidikan sepakbola, bola basket, pancasila, biologi sel, fisika

No comments for "LIHAT RAHASIA : Contoh Makalah Singkat tentang Sejarah Komputer (internet, generasi ke 4, pengenalan, perkembangan)"