LIHAT RAHASIA : Contoh Pembahasan Singkat Makalah Memory Ekternal

Kumpulan contoh struktur makalah penelitian untuk mahasiswa-sma-smp lengkap

contoh struktur makalah penelitian untuk mahasiswa

Contoh Pembahasan Singkat Makalah Memory Ekternal

BAB II

PEMBAHASAN


A.      Pengertian Memori

Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : Computer Storage, Computer Memory atau Memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit). Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu :
Physical Register di CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU.
Primary Memory (executable memory), berada di level tengah. Contohnya, RAM. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif dapat diakses dengan cepat, dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle.
Secondary Memory, berada di level bawah. Contohnya, disk atau tape. Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu aksesnya lambat, dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan). Memori ini diterapkan di storage device, jadi akses meliputi aksi oleh driver dan device.
Jenis memori terbagi menjadi 2, yaitu Memori Internal dan Eksternal. Adapun pengertiannya adalah sebagai berikut :

A.    MEMORI INTERNAL

Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Memori biasa terbagi dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut CACHE MEMORI, CMOS, DRAM, SDRAM, DIMM.

B.     MEMORI EKSTERNAL

Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll. Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Konsep dasar memori eksternal adalah : Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.
a)      Faktor- Faktor
—  Kebutuhan akan memori utama saja tidak mencukupi maka diperlukan peralatan tambahan untuk menyimpan data yang lebih besar dan dapat dibawa kemana-mana.
—  Semakin besarnya peralatan penyimpanan maka dengan sendirinya akan mempengaruhi waktu pemrosesan data.
b)      Kategori Media Penyimpanan
—  Magnetic
—   Optic
Ø  Magenetic
Banyak berupa piringan, dikenal satuan rotasi piringan (RPM Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, semakin cepat waktu akses, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan.
Prinsip Kerja:
§  Processor mengambil program dan data yang akan dioperasikan dari piranti penyimpanan dan menyalin ke memori untuk dieksekusi. Setelah selesai dioperasikan file disimpan kembali (save) ke media penyimpanan.
§  Memori eksternal memiliki alat baca & tulis yg disebut head (harddisk) dan side (floppy).  Piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1.   Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran-2 konsentris yg disebut track.  
§  cylinder.  
§  sector.
Layout dan Pembacaan
§  Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi – posisi sector maupun track
§  Data yang disimpan akan diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data
§  Tambahan header data ini hanya digunakan oleh sistem disk drive saja tanpa bisa  diakses oleh pengguna
                           

Jenis Penyimpanan Magnetic
·         Floppy Disk
o   Media penyimpan data yang paling banyak dipakai pada mikrokomputer.
o   Mempunyai notch (tekukan atau lubang) yang berfungsi untuk mencegah penulisan ke disket, atau untuk melindungi data.
o   Perlindungan data dalam disket floppy dinamai write protection. Disket yang dilindungi dengan write protection ini tidak dapat ditulis oleh komputer, sehingga data yang ada di dalam terhindar dari perubahan, terutama perubahan akan kesalahan atau ketidak sengajaan. Write protection ini sangat diperlukan untuk pengamanan data di dalam disket pada saat mau menjalankan disket floppy tersebut.
o   Untuk menjalankannya, komputer harus dilengkapi dengan diskdrive (penggerak disket). Diskdrive biasanya dipasang di bagian depan kotak komputer. Ukuran penggerak disket ini disesuaikan dengan ukuran disket. Dengan demikian, disket floppy ini tidak bersifat tetap di dalam komputer, artinya disket tersebut harus dikeluar-masukkan pada saat mengoperasikannya.

·         Harddisk

o   Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
o   Harddisk pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
o   Harddisk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
o   Hard disk mempunyai kecepatan atau pencarian data (seek and accses time) yang jauh lebih tinggi dari pada disket floppy.
o   Sebagai contoh, hard disk dengan ukuran 1 GigaByte (1 GB Magnetic Hard Disk) mempunyai kecepatan akses 10 ms (millisecond = seperseribu detik). Sedangkan kapasitas simpannya ialah dapat menyimpan sampai 512.000 halam teks, 180 menit (3 jam) lama putar digital audio, 136 menit (sekitar 2 jam) digital MPEC video, juga dapat menyimpan gambar sampai 35 full color JPEG hi-res picture, dan 34.000 scanned images atau sekitar 12 laci file cabinet.
o   Harddisk memiliki 2 hingga 11 keping disk penyimpan data yang terbuat dari alumunium atau gelas dan dilapisi dengan oksida besi.
o   Jika dibuka, terlihat mata harddisk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
o   Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
o   Dalam perkembangannya kini hardisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal).
o   Kinerja harddisk terkait oleh beberapa faktor: kecepatan putar disk, umumnya 5400, 7200, atau 10.000 rpm. Dan kapasitas penyimpanan harddisk.
o   Data pada harddisk dibaca atau ditulis dengan menggerakkan head baca/tulis yang terdapat pada setiap sisi disk melintasi permukaan disk ke lokasi track data.
o   Komponen penyusunan harddisk terdiri dari:
§  Disk penyimpan
§  Papan rangkaian
§  Head baca/tulis
§  Kabel dan konektor
§  Penggerak head
§  Motor pemutar
§  Pengaturan setting (Jumper dan switch)

·         Kartu memori

o   Sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital, suara digital dan video digital.
o   Biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standar bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya kelipatan dua.
o   Terdapat beberapa tipe yang sampai sekarang ini ada sekitar 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar saat ini adalah tipe CF (Compact Flash) dengan 8 GB (info : 1 GB = 1024MB, 1048576KB).
o   Untuk membaca data digital yang disimpan didalam kartu memori kedalam komputer, diperlukan perangkat pembaca kartu memori (memory card reader).
o   Daftar jenis kartu memori
§  PC Card / PCMCIA.
§  CF (Compact Flash).
·         CFII (Compact Flash Type II).
§  SD (Secure Digital).
·         miniSD.
·         microSD / TransFlash.
§  SM (SmartMedia).
§  MMC (MultiMediaCard).
·         RS-MMC (Reduced-Size MultiMediaCard).
·         MMCmicro.
§  xD-Picture.
§  MS (MemoryStick).
·         MS-Duo (MemoryStick Duo).
·         Memory Stick Micro M2.
§  Intelligent Stick.
§  µ card.
§  SxS™ Memory Card [1]
o   Sebuah pembaca kartu memori yang bisa digunakan bersama dengan berbagai jenis kartu memori
o   Pembaca kartu memori (bahasa Inggris: memory card reader atau cukup card reader saja) adalah alat untuk membaca kartu memori yang biasanya dihubungkan ke komputer dengan kabel USB.
o   Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, misalnya hanya kartu CF saja atau kartu SD saja. Kini banyak didapati memory card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori, alat ini sering disebut dengan Multicard reader.

·         USB Flash Disk

o   Alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.
o   Flash Disk berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash disk ada dari 128 MB sampai 64 GB.
o   Memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar.


Ø  Optic
Cara Kerja
Memanfaatkan suatu sinar laser berkekuatan tinggi untuk menuliskan data pada disk atau tape, dengan membakar lobang-lobang microscopic , yang dinamai pits pada permukaannya. Data kemudian dibaca dengan suatu sinar laser berkekuatan rendah.
Optical storage dapat menjadi suatu alternatif pembiayaan yang efektif untuk semua jenis data. (Koulopoulos, 1995 : 129).
Ada 3 (tiga) tipe dari optical storage (McDonell, 1995 : 8) yaitu
•         prerecorded
            sering juga disebut dengan nama CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory),
•         Writetable
            sering disebut dengan nama WORM (Write Once Read Many).
•         Rewriteable
            sering disebut dengan magneto optical (MO) atau erasable.

·         CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory)
—  Sebuah piringan kompak dari jenis piringan optic (optical disk) yang dapat menyimpan data.
—  Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar dan sebagainya. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB
—  Sebagai media penyimpan data yang sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. atau sekitar 64.000 halaman kertas ukuran A4.
—  bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).
—  CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory)
—  Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
—  Compact Disk Rewritable, yakni sebuah media penyimpanan cakram berbasis optik yang dapat ditulisi dan dihapus lagi untuk ditulisi lagi  (menyimpan data).
—  Compact Disk Read/Write, yakni sebuah alat komputer yang mampu menulisi sebuah compact disk recordable (CD-R).
·         Cakram Blu-Ray
—  Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi.
—  Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini.
—  Dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak.
—  Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama.
—  Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD.
—  Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.
—  DVD
—  Sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
—  Pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.
—  Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna back-up DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.
—  DVD- RW
—  Cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB.
—  Dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Menurut Pioneer, cakram DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder.
—  Bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.


Link lain cara membuat makalah yang baik dan benar 

Tersedia contoh makalah unik lainnya tentang pendidikan sepakbola, bola basket, pancasila, biologi sel, fisika

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter